Jakarta, Sayangi.com – Rapat Paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, Selasa, menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI seperti diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR.

“Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan, fit and proper test, calon panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana TNI Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?” tanya Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pertanyaan itu dijawab setuju oleh seluruh anggota DPR dan perwakilan fraksi yang hadir pada Sidang Paripurna tersebut.

Baca Juga  Laksamana Yudo Margono Soroti Konstelasi Geopolitik Global

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan Komisi I telah melaksanakan uji kelayakan calon panglima TNI pada tanggal 13 November untuk mendengarkan visi dan misi dari Agus Subiyanto.

Setelah mendengarkan dan mempertimbangkan pandangan dari fraksi-fraksi maupun anggota Komisi I DPR, Meutya mengatakan pihaknya menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasi Yudo.

“(Kemudian) Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai panglima TNI,” kata Meutya.

Pimpinan DPR RI lantas menyampaikan ucapan selamat dan melangsungkan sesi foto bersama dengan Agus Subiyanto yang hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Selain Puan, tampak pula hadir para wakil ketua DPR RI, yakni Rachmat Gobel, Lodewijk F. Paulus, dan Sufmi Dasco Ahmad.

Baca Juga  Panglima TNI Evaluasi Operasi SAR Pilot Susi Air di Papua

Agus dipilih sebagai calon panglima TNI untuk menggantikan Yudo Margono yang purnabakti pada tanggal 26 November 2023 atau tepat saat dia berusia 58 tahun.

Sebelumnya, Agus Subiyanto menjabat sebagai kepala Staf TNI Angkatan Darat (kasad) yang dilantik pada tanggal 25 Oktober 2023.

Usai disetujui oleh DPR RI dalam rapat paripurna tersebut, kini Agus Subiyanto tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Jokowi sebagai panglima TNI.

Berdasarkan rangkaian agenda serah terima jabatan panglima TNI, seperti disampaikan asisten personel (aspres) panglima TNI kepada wartawan, pelantikan panglima baru TNI akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11), pukul 10.00 WIB.

Kegiatan itu dirangkai dengan Upacara Serah Terima Jabatan Panglima TNI di Plaza Mabes TNI, Jakarta, pukul 13.30 WIB, dan dilanjutkan dengan acara pisah sambut serta tradisi pelepasan Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga  Mahfud MD Yakini Netralitas TNI pada Pemilu 2024